RPP Bab 1 Perpangkatan (bilangan berpangkat) kelas IX SMP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                       : SMP Plus Ibnu Kholdun Al Hasyimi
Mata Pelajaran            : Matematika
Kelas/ Semester           : IX / Ganjil
Materi Pokok              : 1. Perpangkatan dan Bentuk Akar
                                          1.1 Bilangan Berpangkat
Alokasi Waktu            : 2 x 40 menit (Pertemuan ke-1)


A.    Kompetensi Inti
1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleran, gotong royong), santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.      Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.      Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1 Menjelaskan dan melakukan operasi bilangan berpangkat bilangan rasional dan bentuk akar, serta sifat-sifatnya.

3.1.1 Menuliskan perkalian bilangan dalam
         bentuk perpangkatan.
3.1.2 Menentukan hasil perpangkatan suatu
         bilangan.
4.1      Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sifat-sifat operasi bilangan berpangkat bulat dan bentuk akar.
4.1.1 Menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan penerapan konsep bilangan berpangkat.

C.    Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, siswa diharapkan dapat :
1.     Menuliskan perkalian bilangan dalam bentuk perpangkatan.
2.      Menentukan hasil perpangkatan suatu bilangan.
3.     Menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan penerapan konsep bilangan berpangkat.

Fokus Penguatan Karakter: Religius, disiplin, dan peduli

D. Materi Pembelajaran
1. Materi Pembelajaran reguler

2. Materi pembelajaran pengayaan
Untuk pengayaan para siswa akan melakukan kegiatan penyelesaian soal-soal dengan dasar materi yang telah  dipelajari ( Uji Kompetensi 1 halaman 40, buku siswa).
Contoh soal pengayaan :
Dalam sebuah penelitian, diketahui seekor Amoeba S berkembang biak dengan membelah diri sebanyak 2 kali tiap 15 menit.
a. Berapa banyak amoeba S selama satu hari jika dalam suatu pengamatan terdapat 4 ekor amoeba S?
b. Berapa banyak jumlah Amoeba S mula-mula sehingga dalam 1 jam terdapat minimal 1.000 Amoeba S?

3. Materi pembelajaran remedial
Pembelajaran remedial dilaksanakan secara klasikal / individual setelah diperoleh data penguasaan kompetensi peserta didik. Materi diberikan dengan menggunakan metode yang diupayakan ada peningkatan kompetensi siswa.

E. Metode Pembelajaran
            Diskusi kelompok, tanya jawab

F. Media dan Bahan
Media        : Papan Tulis, Komputer dan LCD
Bahan        : Kertas Manila, Gunting, Lem Kertas, Isolasi, Spidol

G. Sumber Belajar
1.                Subchan, dkk.2018. Buku Guru Matematika. SMP/MTs Kelas IX edisi revisi 2018. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2.    Subchan, dkk.2018. Buku Siswa Matematika. SMP/MTs Kelas IX edisi revisi 2018. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
3.    LK, Lingkungan Kelas,  dan internet

H. Langkah-langkah Pembelajaran


Kegiatan

Deskripsi Kegiatan Pembelajaran
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam, dan berdoa (nilai nilai religius).
2.      Guru mengecek kehadiran siswa. Bila ada siswa yang sakit didoakan supaya lekas sembuh, dan mengajak siswa bersama mensyukuri nikmat Tuhan berupa kesehatan dan lain-lain.
3.      Guru menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran.
4.      Guru menginformasikan tujuan yang akan dicapai.
5.      Guru menjelaskan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan pada hari ini.
10 Menit
Inti
Kegiatan 1
1.       Guru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok, terdiri dari 5 orang. Tiap kelompok diminta untuk menyediakan selembar kertas serta sebuah gunting kertas.
2.       Masing-masing kelompok diminta untuk mengikuti langkah-langkah kegiatan yang ada pada LK 1.
3.       Setelah siswa selesai melakukan kegiatan, guru meminta siswa untuk menuliskan hasil percobaan pada tabel.
Kegiatan 2
Pada kegiatan ini siswa diharapkan menuliskan perkalian bilangan dalam bentuk perpangkatan serta menentukan hasil perpangkatan suatu bilangan.
1.      Guru meminta siswa untuk mengamati tabel yang berisi contoh penulisan perpangkatan dari 5 dan bentuk perkaliannya, serta nilai dari perpangkatan tersebut pada LK 2.
2.      Guru meminta siswa untuk membuat pertanyaan berdasarkan kegiatan 2 yang telah dilakukan. Siswa diminta menuliskan pertanyaan tersebut pada buku tulis masing-masing.
3.      Guru meminta siswa untuk melengkapi tabel yang ada.
60 Menit
Penutup
1.      Siswa membuat kesimpulan mengenai materi yang telah dipelajari, guru sebagai fasilitator.
2.      Setiap kelompok diberikan perolehan penghargaan berkaitan dengan aktivitas kelompok.
3.      Guru memberi PR Latihan 1.1 (buku siswa halaman 10).
4.      Guru menginformasikan materi dan menugaskan siswa untuk mempelajari materi berikutnya.

10 Menit




I.  Penilaian
1. Teknik penilaian
a.       Sikap spiritual : Non Tes ( Pengamatan pada saat Pembelajaran berlangsung terutama pada saat kegiatan pendahuluan (salam dan berdoa) )
b.      Sikap sosial : Non Tes (Pengamatan sikap saat pembelajaran berlangsung)
c.       Pengetahuan  
No.
KD
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
1.
3.1
3.1.1 Menuliskan perkalian bilangan dalam
         bentuk perpangkatan.
3.1.2 Menentukan hasil perpangkatan suatu
         bilangan.
Tes Tulis (Uraian saat pembelajaran berlangsung)


d.      Keterampilan
No.
KD
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
1.
4.1
4.1.1 Menyelesaikan masalah sehari-hari
         yang berkaitan dengan penerapan
         konsep bilangan berpangkat.
Tes Tulis ( diluar PBM selama satu minggu atau pada pertemuan berikutnya )

2.  Pembelajaran Remedial
Berdasarkan hasil analisis ulangan harian, peserta didik yang belum mencapai ketuntasan belajar diberi kegiatan pembeljaran remedial dalam bentuk:
a.       Bimbingan perorangan jika peserta didik yang belum tuntas ≤ 20 %,
b.      Belajar kelompok jika peserta didik yang belum tuntas antara 20 % - 50 %.
c.       Pembelajaran ulang jika peserta didik yang belum tuntas ≥ 50 %

3.  Pembelajaran Pengayaan
Berdasarkan hasil analisis penilaian, peserta didik yang sudah mencapai ketuntasan belajar diberi kegiatan pengayaan dalam bentuk penugasan untuk mempelajari soal-soal.

                                                                                           Besuki, 16 Juli 2018
Mengetahui                                                          
Kepala Sekolah                                                     Guru Mapel



GUFRON FAUZI, M.Pd.I                                 MOH. ALI WAFA, S.Pd
NIP.                                                                      NIP.               






LK- 1
Kegiatan 1

Kelompok :                                                                                                                                                             Anggota : 
1.
2.
3.
4.                                                                                                                                                          

Kegiatan 1

Lakukan kegiatan ini dengan langkah-langkah sebagai berikut.
1.  Buatlah kelompok yang terdiri atas 5 orang.
2.  Sediakan selembar kertas serta sebuah gunting kertas.

3.  Lipatlah kertas itu menjadi dua bagian sama besar, yaitu pada sumbu simetri lipatnya.
4.  Guntinglah kertas pada sumbu simetri lipatnya.
5.  Tumpuklah hasil guntingan kertas sehingga tepat menutupi satu dengan yang lain.
6.  Berikan kertas tersebut kepada temanmu berikutnya, lalu lakukan Langkah 3 sampai 5 secara berulang sampai seluruh temanmu dalam kelompokmu mendapat giliran.
7.      Banyak kertas hasil guntingan pada tiap-tiap pengguntingan selanjutnya disebut dengan banyak kertas. Tuliskan banyak kertas pada tabel berikut:

Pengguntingan Ke-
Banyaknya Kertas
1
2
2

3

4

5



Tanpa menggunting kertas berapakah banyaknya kertas pada guntingan ke – 10?
8.      Kesimpulan apa yang kamu dapat dari kegiatan ini?
9.      Hitunglah:
a.                    b.                       c.                         d.
10.  Hitunglah:
a.                    b.
LK- 2
Kegiatan 2

Amatilah tabel berikut ini.

Setelah mengamati tabel di atas, lengkapilah tabel di bawah ini.
Perpangkatan
Bentuk Perkalian
Nilai










             Setelah melakukan Kegiatan 2, apa yang dapat kamu simpulkan berkaitan dengan
perpangkatan?



1.    Instrumen Penilaian
·         Penilaian Sikap
                        Bubuhkan tanda (ü) pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
                        Keterangan:

Lembar Pengamatan Perkembangan Sikap dan Perilaku
                            Mata Pelajaran        : Matematika
                            Kelas/Semester       : IX/1
                             Topik/Subtopik       : 1. Perpangkatan dan Bentuk Akar
                                                                  1.1 Bilangan Berpangkat
   
Sikap
Kode
Aspek Pengamatan
1
2
3
4
Religius
A.1
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu




A.2
Mengucapkan rasa syukur setelah berhasil mengerjakan sesuatu




A.3
Memberikan salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat di depan umum




Disiplin
C.1
Masuk kelas tepat waktu




C.2
Mengumpulkan tugas tepat waktu




C.3
Memakai seragam sesuai tata tertib




C.4
Membawa buku teks dan buku tulis sesuai mata pelajaran




Peduli
I.1
Berpartisipasi aktif




I.2
Tenggang rasa




I.3
Mempunyai Sifat memiliki





Waktu Penilaian:
Rubrik Penilaian:
4  = jika selalu dilakukan                                3  =  jika sering dilakukan,
2  = jika kadang-kadang dilakukan                 1  =  jika tidak dilakukan

·         Penilaian Pengetahuan
 Instrumen:
1.      Nyatakan perkalian berulang berikut dalan perpangkatan!
a.       7 x 7 x 7 x 7
b.      (-3) x (-3) x (-3) x (-3) x (-3) x (-3)
c.       5 x 5 x h x h x h
d.      J x J x (-2) x (-2)

e.      

f.      
                                 
2.      Nyatakan perpangkatan berikut dalam bentuk perkalian berulang!
a.       97                     b.                        c. (-6)5

3.      Tentukan hasil dari:





Tulislah sebagai perpangkatan de
a.       16                                b.  32

·         Keterampilan

-       Dinda membeli flashdisk baru sehargaRp 60.000.000,00 dengan kapasitas 8 GB. Berapa byte kapasitas flashdisk Dinda yang bisa digunakan,jika dalam suatu flash disk kapasitas yang   dapat digunakan adalah 95% dari kapasitas totalnya




            Kunci dan Penskoran

            Pengetahuan

1
a
73
1

b
(-3)6  
1

c
52h2
1

d
(-2) 2 j 2 
1

e
1

f
1
                       

2
a
1

b
1

c
1


3
a
625
1

b
7776
1

c
256
1

d
0,0004
1

e
1

f
1



                Ketrampilan
         
                95% x 8 x 10243 =  0,95 x 8589934592   …………………                      2
                                           =  8160437862,4  ………………………                        3          +

                                                                                                            Total skor   =  20

              

                       Nilai   =    x 100

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RPP Bab 1 Perpangkatan ( Pangkat nol dan Negatif ) kelas IX SMP

RPP Barisan Bilangan SMP Kelas 8 semester 1