RPP Bab 1 Perpangkatan ( Pangkat nol dan Negatif ) kelas IX SMP
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP Plus Ibnu Kholdun Al Hasyimi
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/ Semester : IX / Ganjil
Materi Pokok : 1. Perpangkatan dan Bentuk Akar
1.4 Pangkat nol dan pangkat negatif
Alokasi Waktu : 3 x 40 menit (Pertemuan ke-4)
A.
Kompetensi Inti
1. Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, peduli (toleran, gotong royong), santun, dan percaya diri dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan
yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B. Kompetensi Dasar :
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.1 Menjelaskan dan melakukan operasi bilangan berpangkat bilangan rasional
dan bentuk akar, serta sifat-sifatnya.
|
3.1.11
Mengidentifikasi sifat pangkat nol dan pangkat negatif.
3.1.12
Menentukan hasil pangkat nol dan pangkat negatif.
|
4.1 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan sifat-sifat operasi bilangan berpangkat bulat
dan bentuk akar.
|
|
C.
Tujuan Pembelajaran :
Setelah mempelajari materi
ini, siswa diharapkan dapat:
1. Mengidentifikasi sifat pangkat
nol dan pangkat negatif.
2. Menentukan hasil pangkat nol
dan pangkat negatif.
Fokus pengembangan karakter : Jujur, Toleransi dan santun
D. Materi Ajar
1. Materi Pembelajaran Reguler
Bilangan berpangkat negatif atau nol
PANGKAT NOL
PANGKAT NEGATIF
2. Materi pembelajaran pengayaan
Untuk
pengayaan para siswa akan melakukan kegiatan penyelesaian soal-soal dengan
dasar materi yang telah dipelajari
3. Materi pembelajaranp remedial
Pembelajaran remedial dilaksanakan
secara klasikal / individual setelah diperoleh data penguasaan kompetensi
peserta didik. Materi diberikan dengan menggunakan metode yang diupayakan ada
peningkatan kompetensi siswa.
E. Metode Pembelajaran :
·
Kooperatif learning, inquiry dan Jigsaw
F. Media dan Bahan :
·
LKS, LCD dan Laptop
G. Sumber Belajar :
1. Subchan,
dkk.2018. Buku Guru Matematika. SMP/MTs Kelas IX edisi revisi 2018. Jakarta :
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2. Subchan, dkk.2018. Buku Siswa Matematika. SMP/MTs Kelas IX edisi revisi 2018.
Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
H. Langkah Pembelajaran
Pendahuluan
(10’)
Berdo’a
Apersepsi :- Membahas PR yang sulit
- Mengingat sifat
bilangan berpangkat
Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan ini :
Ø Peserta didik memahami arti bilangan berpangkat negatif atau nol
Ø Peserta didik dapat mengubah bilangan berpangkat negatif menjadi bilangan
berpangkat positif
Kegiatan
Inti (100’)
a. Peserta didik dikelompokkan secara heterogen, tiap kelompok terdiri
dari maksimal 5 orang
b.
Dengan LKS 5.1.2, peserta didik
diarahkan uantuk menemukan arti dari
bilangan berpangkat negatif atau nol
c.
Tiap kelompok diberi 5 tugas,
anggota pertama mengerjakan tugas no 1, anggota kedua mengerjakan tugas no 2,
dan seterusnya
d.
Anggota yang mengerjakan soal
no 1 berkumpul dengan anggota kelompok lain yang mendapatkan tugas no 1, dan
seterusnya (kelompok ahli)
e.
Guru mengawasi jalannya diskusi
dan membantu kelompok yang mengalami kesulitan
f.
Setelah semua anggota kelompok
ahli faham tentang penyelesaian dari tugas masing-masing, maka tiap anggota
kelompok ahli kembali ke kelompok awal dan menyampaikan hasil dari tugas yang
menjadi tanggung jawabnya.
g.
Semua anggota kelompok awal
mencatat hasil kerja dari semua tugas.
h.
guru memberi penilaian dari
hasil kerja kelompok ahli, dan hasil kerja dipajangkan.
Penutup (10’)
a.
Peserta didik diarahkan membuat
rangkuman
b.
Guru danPeserta didik melakukan
refleksi tentang pelaksanaan pembelajaran
c.
Peserta didik diberi PR
d.
Guru menginformasikan agar
siswa mempelajari materi yang akan datang yaitu tentang hubungan antara bentuk
akar suatu bilangan bulat dengan bilangan berpangkat pecahan.
I. Penilaian
1. Teknik penilaian
a.
Kompetensi Sikap
Spiritual
No.
|
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Butir Instrumen
|
Waktu
Pelaksanaan
|
Keterangan
|
1
|
Observasi
|
Lembar observasi
(Catatan Jurnal)
|
Terlampir
|
Saat pembelajaran berlangsung
|
Penilaian untuk dan pencapaian pmbelajaran (assessment for and of learning)
|
b.
Sikap Sosial
No.
|
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Butir Instrumen
|
Waktu
Pelaksanaan
|
Keterangan
|
1
|
Observasi
|
Lembar observasi
(catatan jurnal)
|
Terlampir
|
Saat pem-belajaran berlangsung
|
Penilaian untuk dan pencapaian pembelajaran (assessment for and of learning)
|
c.
Kompetensi Pengetahuan
Pertemuan
|
Teknik
|
Instrumen
|
Waktu Pelaksanaan
|
Keterangan
|
|
Tes tulis
|
Terlampir
(tugas individu)
|
Kegiatan Inti
|
Penilaian untuk, sebagai, dan/atau pencapaian pembelajaran (assessment for, as, and of learning)
|
Besuki, 16 Juli 2018
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel
GUFRON FAUZI,
M.Pd.I MOH. ALI WAFA,
S.Pd
NIP. NIP.
LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK
5.1.2
Tujuan : 1. Peserta didik dapat memahami arti bilangan yang berpangkat negatif
atau Nol
2.
Peserta didik dapat mengubah
bilangan yang berpangkat negatif menjadi bilangan yang berpangkat positif
Waktu :
20’
Arti
bilangan bilangan berpangkat
negatif
Lengkapilah !
1. 43 : 45 =
=
………… (1)
2. 43 : 45
= 43 - …. = 4….. ………… (2)
Dari (1) dan (2) diperoleh
= 4-2
1.
a3 : a6 =
=
.………... (1)
2. a3 : a6
= a…. - …. = a….. ………….. (2)
Dari (1)
dan (2) diperoleh a-3 =
Arti bilangan berpangkat Nol
1. 43 : 43 =
= ..... …………. (1)
2. 43 : 43 = 43 - ….
= 4….. …………. (2)
1.
a3 : a3 =
= ..... .……….. (1)
2. a3
: a3 = a…. - …. = a…..
…………(2)
an : an = 1 …...…….(1)
Dari (1) dan
(2) dapat disimpulkan : a0
= ….
1. Instrumen
Penilaian
·
Penilaian Sikap
Bubuhkan
tanda (ü) pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
Keterangan:
Lembar
Pengamatan Perkembangan Sikap dan Perilaku
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester: IX/1
Topik/Subtopik
: Perpangkatan dan Bentuk Akar
Sikap
|
Kode
|
Aspek
Pengamatan
|
1
|
2
|
3
|
4
|
Jujur
|
B.1
|
Tidak
menyontek dalam mengerjakan ulangan
|
|
|
|
|
B.2
|
Mengerjakan
soal ulangan tanpa melihat jawaban teman lain
|
|
|
|
|
|
Toleransi
|
E.1
|
Rela
berbagi
|
|
|
|
|
E.2
|
Aktif
bekerja sama
|
|
|
|
|
|
Santun
|
G.1
|
Tidak
berkata-kata kotor
|
|
|
|
|
G.2
|
Bersikap
3S ( Salam – Senyum – Sapa ) kepada orang lain
|
|
|
|
|
|
G.3
|
Menggunakan
bahasa santun saat menyampaikan pendapat
|
|
|
|
|
Waktu Penilaian:
Rubrik Penilaian:
4 = jika selalu dilakukan 3 = jika sering dilakukan,
2 = jika kadang-kadang
dilakukan 1 = jika
tidak dilakukan
·
Penilaian Pengetahuan
Waktu : 10’
Tehnik : tes
Bentuk instrumen
: Tes tulis uraian
Aspek : Pemahaman konsep
Ubahlah menjadi
bilangan berpangkat positif :
1a. 6-2 b.
(10) -5
2a. (-5)-3 b.
(-3)-4
3a.
b.
4a.
b.
5a. ﴾
﴿ -6 b. ﴾ -
﴿-3
Kunci Jawaban
1a.
b.
2a.
b.
3a. 54 b. (-3)2
4a. 8.25 b. 100. (-5)2
5a.
=
=
b.
=
=
Komentar
Posting Komentar