RPP Bab 1 Pepangkatan ( Pembagian pada perpangkatan ) kelas IX SMP
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP Plus Ibnu Kholdun Al Hasyimi
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/ Semester : IX / Ganjil
Materi Pokok : 1. Perpangkatan dan Bentuk Akar
1.3
Pembagian pada perpangkatan
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit (Pertemuan ke-3)
A.
Kompetensi Inti
KI 1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya
KI 2 : Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, santun, percaya diri, peduli,dan bertanggungjawab dalam berinteraksi
secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga,
sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan
regional
KI 3 : Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik
sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait
fenomena dan kejadian tampak mata
KI 4 : Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan
menyaji secara: kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan
komunikatif dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian
Kompetensi
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
3.1 Menjelaskan dan melakukan
operasi bilangan berpangkat bilangan rasional dan bentuk akar, serta
sifat-sifatnya.
|
3.1.9
Mengidentifikasi sifat pembagian pada
perpangkatan.
3.1.10
Menentukan hasil pembagian dari
perpangkatan.
|
4.1 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
sifat-sifat operasi bilangan berpangkat bulat dan bentuk akar.
|
4.1.3
Menyelesaikan masalah sehari-hari
yang berkaitan dengan penerapan konsep pembagian pada perpangkatan.
|
C. Tujuan
Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, siswa diharapkan dapat:
1
Mengidentifikasi sifat pembagian
pada perpangkatan.
2
Menentukan hasil pembagian dari
perpangkatan.
3
Menyelesaikan masalah sehari-hari
yang berkaitan dengan penerapan konsep pembagian pada perpangkatan.
Fokus pengembangan karakter : relegius,
percaya diri, dan tanggung jawab
D. Materi Pembelajaran
1. Materi Pembelajaran reguler
2. Materi pembelajaran pengayaan
Untuk pengayaan para siswa akan melakukan
kegiatan penyelesaian soal-soal dengan dasar materi yang telah dipelajari.
3. Materi pembelajaranp remedial
Pembelajaran remedial dilaksanakan
secara klasikal / individual setelah diperoleh data penguasaan kompetensi
peserta didik. Materi diberikan dengan menggunakan metode yang diupayakan ada
peningkatan kompetensi siswa.
E. Metode Pembelajaran
Model pembelajaran Think Pair Share (TPS)
dengan Pendekatan Saintifik
F. Media dan Bahan
Interactive Board (IP Board ) atau
Note Book, LCD dan Kubus.
G. Sumber Belajar
1. Subchan, dkk.2018. Buku Guru Matematika.
SMP/MTs Kelas IX edisi revisi 2018. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan.
2. Subchan, dkk.2018. Buku Siswa Matematika.
SMP/MTs Kelas IX edisi revisi 2018. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
H. Langkah-langkah Pembelajaran
a. Kegiatan Pendahuluan ( 10 menit )
1. Guru mengucapkan salam, dan berdoa
dipimpin oleh guru/ketua kelas (nilainilai religius).
2. Guru mengecek kehadiran siswa. Bila
ada siswa yang sakit didoakan supaya lekas sembuh, dan mengajak siswa bersama
mensyukuri nikmat Tuhan berupa kesehatan dan lain-lain.
3. Guru menyiapkan siswa secara psikis
dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran.
4. Guru menginformasikan tujuan yang
akan dicapai selama pembelajaran yaitu:
• Mengidentifikasi
sifat pembagian pada perpangkatan
• Menentukan
hasil pembagian dari perpangkatan
• Menyelesaikan
masalah sehari-hari yang berkaitan dengan penerapan konsep pembagian pada
perpangkatan
5. Melalui
tanya jawab, siswa diminta menghubungkan pengetahuan yang akan dipelajarai
dengan pengetahuan sebelumnya.
Pertanyaan guru:
“Pertemuan
sebelumnya kalian telah mempelajari tentang perkalian bilangan berpangkat,
sekarang jawablah pertanyaan berikut.”
a.
Jelaskan bagaimana menghitung hasil dari 34 × 35?
b.
(32)5 = ...
c.
y3 × y4 = ...
d.
m3 × 5m7 = ...
6. Guru
meminta siswa membuat dugaan tentang “Bagaimana hasil pembagian dari dua
perpangkatan yang memiliki basis sama?”
7. Pertanyaan
ini dapat dijawab setelah siswa mempelajari materi perkalian pada perpangkatan.
8. Guru
menjelaskan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan pada hari ini.
b. Kegiatan Inti ( 60 menit )
1. guru
meminta siswa untuk mengamati tabel pada halaman 22 – 23 buku siswa yang berisi
contoh pembagian pada perpangkatan, bentuk perkalian berulangnya, serta bentuk
penulisan perpangkatannya.
2. guru meminta siswa untuk membuat pertanyaan berdasarkan
kegiatan mengamati yang telah dilakukan. Siswa diminta menuliskan pertanyaan
tersebut pada buku tulis masing-masing. Contoh pertanyaan yang dapat diajukan
adalah: Bagaimana cara mendapatkan hasil dari pembagian pada suatu
perpangkatan?
3. guru membagikan Lembar Kerja dan meminta siswa
untuk melengkapi tabel yang ada pada Lembar Kerja 1
4. guru meminta siswa untuk membuat kesimpulan
dengan cara menjawab pertanyaan :
a. Secara umum bentuk
dapat diubah
menjadi .......
b. Bagaimana cara untuk mendapatkan hasil pembagian pada
perpangkatan?
5. guru meminta siswa mengamati dan membandingkan
volume kubus pada halaman 24 – 25 buku siswa, agar siswa mampu menyelesaikan
masalah sehari-hari yang berkaitan dengan penerapan konsep pembagian pada
perpangkatan.
6. Guru meminta siswa untuk melengkapi tabel pada Lembar Kerja 2
7. Setelah melengkapi tabel pada LK 2, maka siswa
diminta untuk mendiskusikan pertanyaan yang ada bersama teman sebangkunya.
Hasil pertanyaan dapat dituliskan pada buku tulis masing-masing siswa.
Perwakilan dari siswa diminta untuk menyampaikan jawabannya di depan kelas.
8. Guru
meminta siswa untuk mengamati tabel yang ada pada halaman 26 buku siswa.
9. guru
meminta siswa untuk melengkapi tabel pada lembar kerja 3
10. guru meminta siswa untuk membuat kesimpulan
dengan cara menjawab pertanyaan :
Secara umum bentuk
dapat diubah menjadi ..........
c. Kegiatan Penutup ( 10 menit )
1. Guru
meminta siswa menjawab pertanyaan yang diajukan pada awal pembelajaran, yaitu:
Bagaimana hasil pembagian dari dua perpangkatan yang memiliki basis sama?
2. Siswa membuat membuat kesimpulan mengenai
materi yang telah dipelajari hari ini, guru sebagai fasilitator.
3. Setiap
kelompok diberikan perolehan penghargaan berkaitan dengan aktivitas kelompok.
4. Guru
memberikan PR Latihan 1.3 pada buku siswa.
5. Guru menginformasikan materi yang akan
dipelajari pada pertemuan berikutnya.
I. Penilaian
1. Teknik penilaian
a. Kompetensi Sikap Spiritual
No.
|
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Butir Instrumen
|
Waktu
Pelaksanaan
|
Keterangan
|
1
|
Observasi
|
Lembar observasi
(Catatan Jurnal)
|
Terlampir
|
Saat pembelajaran berlangsung
|
Penilaian untuk dan pencapaian pmbelajaran (assessment for and of learning)
|
b.
Sikap Sosial
No.
|
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Butir Instrumen
|
Waktu
Pelaksanaan
|
Keterangan
|
1
|
Observasi
|
Lembar observasi
(catatan jurnal)
|
Terlampir
|
Saat pem-belajaran
berlangsung
|
Penilaian untuk dan
pencapaian pembelajaran (assessment for and of learning)
|
c. Kompetensi Pengetahuan
Pertemuan
|
Teknik
|
Instrumen
|
Waktu
Pelaksanaan
|
Keterangan
|
|
Tes tulis
|
Terlampir
(tugas individu)
|
Kegiatan
Inti
|
Penilaian untuk, sebagai, dan/atau pencapaian
pembelajaran (assessment for, as, and
of learning)
|
d. Kompetensi Keterampilan
Pertemuan
|
Teknik
|
Instrumen
|
Waktu
Pelaksanaan
|
Keterangan
|
|
Tes tulis
|
Terlampir
(tugas individu)
|
Kegiatan
Inti
|
Penilaian untuk, sebagai, dan/atau pencapaian
pembelajaran (assessment for, as, and
of learning)
|
2. Pembelajaran Remedial
Berdasarkan hasil analisis penilaian, peserta
didik yang belum mencapai ketuntasan belajar diberi kegiatan pembelajaran
remedial dalam bentuk;
a.
bimbingan perorangan jika peserta didik yang belum tuntas ≤
20%;
b.
belajar kelompok jika peserta didik yang belum tuntas antara
20% dan 50%; dan
c.
pembelajaran ulang jika peserta didik yang belum tuntas ≥
50%.
3. Pembelajaran Pengayaan
Berdasarkan hasil analisis penilaian, peserta
didik yang sudah mencapai ketuntasan belajar diberi kegiatan pengayaan dalam
bentuk penugasan untuk mempelajari soal-soal.
Besuki, 16
Juli 2018
Mengetahui
Kepala
Sekolah Guru
Mapel
GUFRON
FAUZI, M.Pd.I MOH. ALI
WAFA, S.Pd
NIP. NIP.
|
|
Lampiran 1
Lembar Kerja Siswa
LEMBAR KERJA 1
|
Sub Materi Pokok:
PEMBAGIAN PADA PERPANGKATAN
|
Nama
Kelompok :
..........................................
Kelas : IX ....
Anggota
|
|
:
|
1
|
..........................................
|
|
|
|
|
|
2
|
..........................................
|
|
|
|
|
|
3
|
..........................................
|
|
|
Kompetensi dasar :
3.1 Memahami sifat-sifat bilangan berpangkat dan bentuk akar dalam suatu permasalahan
Indikator Pencapaian Kompetensi :
3.1.1
Mengidentifikasi sifat pembagian pada Perpangkatan
3.1.2
Menentukan hasil pembagian dari perpangkatan
A. Petunjuk Umum:
1. Amati Lembar Kerja ini
dengan seksama,
2.
Baca dan diskusikan dengan teman kelompokmu dan tanyakan kepada guru jika
ada hal yang kurang dipahami,
3.
Tulislah langkah-langkah penyelesaian masalah secara lengkap dan jelas.
4.
Lengkapilah tabel di bawah ini
Pembagian Pada Perpangkatan
|
Bentuk Perkalian Berulang
|
Perpangkatan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Lembar Kerja Siswa
LEMBAR KERJA 2
|
Sub Materi Pokok:
PEMBAGIAN PADA PERPANGKATAN
|
Nama
Kelompok :
..........................................
Kelas : IX ....
Anggota
|
|
:
|
1
|
..........................................
|
|
|
|
|
|
2
|
..........................................
|
|
|
|
|
|
3
|
..........................................
|
|
|
A. Petunjuk Umum:
1. Amati Lembar Kerja ini
dengan seksama,
2.
Baca dan diskusikan dengan teman kelompokmu dan tanyakan kepada guru jika
ada hal yang kurang dipahami,
3.
Tulislah langkah-langkah penyelesaian masalah secara lengkap dan jelas.
4.
Lengkapilah tabel di bawah ini
Volume KubusBesar
|
Volume Kubus Kecil
|
|
||
S = 4
satuan
|
S = 2
satuan
|
|
||
S = 8
satuan
|
S = 2
satuan
|
|
||
S = 9
satuan
|
S = 3
satuan
|
|
a.
Bagaimana. Bagaimana cara membagi dua perpangkatan dengan
basis yang sama?
b.
Berikan dua contoh lain yang mendukung jawabanmu?
Setelah berdiskusi,
presentasikan hasil diskusi kalian di depan kelas dengan percaya diri!
Lembar Kerja Siswa
LEMBAR KERJA 3
|
Sub Materi Pokok:
PEMBAGIAN PADA PERPANGKATAN
|
Nama
Kelompok :
..........................................
Kelas : IX ....
Anggota
|
|
:
|
1
|
..........................................
|
|
|
|
|
|
2
|
..........................................
|
|
|
|
|
|
3
|
..........................................
|
|
|
A. Petunjuk Umum:
1. Amati Lembar Kerja ini
dengan seksama,
2.
Baca dan diskusikan dengan teman kelompokmu dan tanyakan kepada guru jika
ada hal yang kurang dipahami,
3.
Tulislah langkah-langkah penyelesaian masalah secara lengkap dan jelas.
4.
Lengkapilah tabel di bawah ini
Perpangkatan Pada Pecahan
|
Bentuk Perkalian Berulang
|
Bentuk Pembagian Pada perpangkatan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Lampiran2
Lembar Penilaian Sikap
Catatan Jurnal Perkembangan
Sikap Spiritual dan Sosial
Kelas :
Hari, Tanggal :
Pertemuan ke :
Materi Pokok :
No
|
Waktu
|
Nama
Siswa
|
Catatan Perilaku
|
Butir
Sikap
|
Ket.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Lampiran 3
TUGAS INDIVIDU
1. Sederhanakan
perpangkatan berikut:
a.
c.
0,68 : 0,64
b.
d.
2. Dapatkan nilai n
dari pembagian pada perpangkatan di bawah ini :
a.
b.
3. Intensitas
bunyi percakapan manusia 106 kali
intensitas suara manusia berbisik. Sedangkan intensitas bunyi pesawat lepas
landas 1014 kali intensitas suara bisikan manusia. Berapa kali
intensitas bunyi pesawat lepas landas dibandingkan dengan bunyi percakapan
manusia?
Lampiran 4
Pedoman Penskoran
No
|
Kunci Jawaban
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
a.
b.
c. 0,68 : 0,64 = 0,64
d.
a.
b.
32
= 8n
n = 4
Intensitas bunyi percakapan
manusia = 106 x intensitas
suara manusia berbisik. Intensitas bunyi pesawat lepas landas = 1014
x intensitas suara manusia
berbisik Intensitas bunyi pesawat
lepas landas : intensitas bunyi percakapan manusia = 1014
: 106 = 108=100.000.000 : 1
|
2
2
2
2
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
2
|
|
Jumlah Skor
|
20
|
Nilai =
x 100
Penilaian sikap bisa juga
menggunakan instrumen berikut:
1. Instrumen Penilaian
·
Penilaian
Sikap
Bubuhkan
tanda (ü) pada
kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
Keterangan:
Lembar Pengamatan Perkembangan Sikap dan Perilaku
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester :
IX/1
Topik/Subtopik : 1. Perpangkatan dan Bentuk Akar
1.3 Pembagian pada perpangkatan
Sikap
|
Kode
|
Aspek Pengamatan
|
1
|
2
|
3
|
4
|
Religius
|
A.1
|
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu
|
|
|
|
|
A.2
|
Mengucapkan rasa syukur setelah berhasil mengerjakan sesuatu
|
|
|
|
|
|
A.3
|
Memberikan salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat di
depan umum
|
|
|
|
|
|
Tanggung Jawab
|
D.1
|
melakukan tugas-tugas dengan baik
|
|
|
|
|
D.2
|
Meminta maaf atas kesalahan yang dilakukan
|
|
|
|
|
|
Percaya Diri
|
H.1
|
Berani presentasi di depan kelas
|
|
|
|
|
H.2
|
Berani berpendapat , bertanya, dan menjawab pertanyaan
|
|
|
|
|
|
H.3
|
Berpendapat atau bertindak tanpa ragu-ragu
|
|
|
|
|
|
H.4
|
Mampu membuat keputusan dengan tepat
|
|
|
|
|
|
H.5
|
Tidak mudah putus asa
|
|
|
|
|
Waktu Penilaian:
Rubrik Penilaian:
4 = jika selalu dilakukan 3 = jika sering dilakukan,
2 = jika kadang-kadang dilakukan 1 = jika
tidak dilakukan
Komentar
Posting Komentar