RPP Bab 1 Perpangkatan (Notasi Ilmiah) Kelas IX SMP
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Sekolah :
SMP Plus Ibnu Kholdun Al Hasyimi
Mata Pelajaran : Matematika
Materi Pokok : Perpangktan
Notasi Ilmiah
Kelas/Semester :
IX/Satu
Alokasi Waktu :
2 X 40 menit
A. Kompetensi Inti
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli
(toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya
3.
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata
4.
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca,
menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah
dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B. Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar (KD)
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Keterangan
|
3. 1 Menjelaskan dan melakukan
operasi
bilangan berpangkat bilangan
rasional dan bentuk akar, serta
sifat-sifatnya.
|
3.1.17 Menulis notasi ilmiah menjadi bentuk biasa.
3.1.18 Menulis notasi ilmiah dari suatu bilangan.
|
Pertemuan 1
|
C. Tujuan
Pembelajaran
3.1.17 Menulis notasi
ilmiah menjadi bentuk biasa.
3.1.18
Menulis notasi ilmiah dari suatu bilangan.
Fokus pengembangan
karakter : tanggung jawab, tekun, santun dan jujur
D. Materi Pembelajaran
E.
Metode Pembelajaran
- Pendekatan Scientific
- Discovery Learning (DL)
F. Media dan Bahan
1. Media/alat
a.
Gambar
b.
Foto
c.
Kalkulator
2. Bahan
·
Kertas
3. Sumber Belajar
a.
Buku siswa: Subchan dkk, 2018, Matematika, Jakarta, Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang,,
Kemdikbud
b.
Buku guru: Subchan dkk, 2018, Matematika, Jakarta, Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang,,
Kemdikbud
G.
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan ke – 1
Pendahuluan (10 menit )
1. Mengucapkan
salam, dan berdoa dipimpin oleh guru/ketua kelas (nilai-nilai religius).
2. Mengecek
kehadiran siswa. Bila ada siswa yang sakit didoakan supaya lekas sembuh, dan mengajak siswa bersama mensyukuri nikmat Tuhan
berupa kesehatan dan lain-lain.
3. Guru
menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran.
4. Guru
menginformasikan tujuan yang akan dicapai selama pembelajaran yaitu menulis notasi ilmiah menjadi bentuk biasa dan menulis
notasi ilmiah dari suatu bilangan.
5. Melalui tanya jawab, siswa diminta
menghubungkan pengetahuan yang akan dipelajari dengan
pengetahuan sebelumnya.
Contoh pertanyaan guru:
“Berapa nilai dari 105?”
“Berapa nilai dari 6 × 105?”
6. Guru
memotivasi siswa agar mengikuti pembelajaran dengan baik dengan cara menyajikan permasalahan yang terkait dengan penggunaan
notasi ilmiah untuk memberikan gambaran mengenai manfaat belajar materi yang
akan dipelajari.
Kegiatan Inti
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi waktu
|
Inti
|
Mengamati
3.
Peserta didik
dalam kelompok mengamati / membaca percakapan yang ada di buku siswa hal 50 s.d 54 dengan penuh tanggung jawab
Menanya
a.
Bagaimana
kita bisa mengatakan kalimat itu benar atau salah.
b.
Apa
yang membedakan notasi ilmiah
c.
Bagaimana
bentuk umum notasi ilmiah
Mengumpulkan informasi
Menalar /Mengasosiasi
7.
Masing-masing
kelompok Mengerjakan latihan 1.5 hal 55 dengan tekun
Mengomunikasikan
|
75 menit
|
Penutup
|
1.
Guru
memfasilitasi peserta didik membuat butir-butir simpulan tentang himpunan.
2.
Guru bersama
dengan peserta didik mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan
pembelajaran dengan cara mengidentifikasi kesulitan yang dialami siswa,
menjawab pertanyaan dengan informasi yang diperoleh dengan menunjukkan apa
yang tertulis di buku .
3.
Guru melakukan penilaian dengan memberikan kuis terkait dengan penyelesaian notasi ilmiah
menginformasikan proses yang sudah baik dan yang masih perlu ditingkatkan,
serta memberikan gambaran jawaban kuis.(peserta didik mengerjakan dengan jujur)
4.
Guru
memberitahukan kegiatan belajar yang akan dikerjakan pada pertemuan
berikutnya, yaitu menyelesaikan persamaan menggunakan penjumlahan atau
pengurangan.
5.
Guru
menyampaikan kegiatan belajar yang dikerjakan sebagai PR (Mengerjakan soal dari buku siswa hal161 no.23 s/d 24
|
25 menit
|
Penutup (10 menit)
Guru memfasilitasi peserta didik membuat butir-butir simpulan mengenai notasi ilmiah.
Guru memberi umpan balik peserta
didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara tanya jawab
Guru menyampaikan kegiatan belajar yang dikerjakan sebagai PR
Guru memberitahukan kegiatan belajar yang akan dikerjakan pada pertemuan
berikutnya, yaitu menyelesaikan persamaan menggunakan perkalian dan pembagian.
H.
Penilaian
1.
Pengetahuan
a.
Teknik Penilaian: Tes Tulis
b.
Bentuk Instrumen: Uraian
c.
Kisi-kisi
No
|
Indikator
|
Jumlah
Butir Soal
|
Nomor
Butir Instrumen
|
1.
|
|
1
|
1
|
2.
|
|
1
|
1
|
JUMLAH
|
2
|
2.
Keterampilan
a.
Teknik Penilaian: Tes
tulis
b.
Bentuk Instrumen: Uraian
c.
Kisi-kisi
Pertemuan
kedua
No
|
Indikator
|
Jumlah
Butir Soal
|
Nomor
Butir Instrumen
|
1.
|
|
1
|
1
|
JUMLAH
|
1
|
2.
Instrumen penilaian (terlampir)
I.
Media/alat,
Bahan, dan Sumber Belajar
LAMPIRAN
(Penilaian Pengetahuan)
Instrumenpenilaianpada pertemuan ke-1
1.
Buatlah
satu contoh himpunan dan satu contoh
bukan himpunan!
2.
Tulislah anggota dari himpunan berikut
a.Himpunan kendaraan roda empat
b.Himpunan warna rambu lampu lalu lintas
c. Himpunan bilangan asli kurang dari 10
Instrumen penilaian pada pertemuan ke-2
(Penilaian Ketrampilan)
3.
Misalkan
himpunan P = {2, 3, 5, 7}
Jika himpunan P
disajikan dengan cara menyebutkan sifat-sifatnya, maka
Sebutkan Himpunan yang mungkin
Kunci dan pedoman
penskoran
No
|
Uraian kunci jawaban
|
Skor
|
Jumlah skor
|
1
|
Alternatif
contoh himpunan
·
Himpunan hewan berkaki 4
·
Himpunan buah-buahan
·
Himpunan bilangan prima kurang dari 10
Alternatif
contoh bukan himpunan
·
Kumpulan siswa cantik
·
Kumpulan rumah bagus
·
kumpulan anak pendek
|
1
1
1
1
1
1
|
3
3
|
2
|
a.
{mobil
pribadi, mobil box, pick up, mikrolet, taxi}
b.
{hijau,
kuning, merah}
c.
{1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9}
|
2
2
2
|
6
|
3
|
1.
P = Himpunan bil prima
2.
P
= Himpunan prima kurang dari 8
3.
P
= Himpunan bil prima kurang dari 10
4.
P
= Himpunan bil prima satu dijit
|
2
2
2
2
|
8
|
Jumlah skor maksimal
|
14
|
14
|
Nilai =
Mengetahui, Situbondo, 25 Mei 2018
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
................................. .....................................
NIP.
19610814 198504 1 006 NIP.-
LEMBAR KERJA SISWA
Kompetensi Dasar : Menjelaskan dan melakukan operasi
bilangan berpangkat bilangan rasional dan bentuk akar, serta
sifat-sifatnya.
Indikator Pencapaian Kompetensi : 1. Menulis notasi ilmiah menjadi bentuk
biasa.
2. Menulis notasi ilmiah dari suatu
bilangan.
Kelompok
: .....
1
............................................... 3 ...............................................
2
............................................... 4
...............................................
1.
Tebal sebuah biskuit adalah 0,1 cm sedangkan
dalam kemasan berisi 100 buah biskuit. Berapakah panjang biskuit yang dapat
disusun memanjang dalam suatu kardus yang berisi 25 kemasan. Tuliskanlah
jawabanmu dalam bentuk biasa, kemudian ubahlah ke bentuk baku!
Jawab
Panjang
sebuah bikuit = ......... cm
Isi
biskuit tiap kemasan = ......... buah
Panjang biskuit 1 kemasan = panjang 1
biskuit x banyak biskuit = ............. x ............. = ........... cm
Jika 25 buah kemasan akan disusun memanjang
dalam sebuah kardus, maka panjang darii biskuit dalam kardus tersebut adalah
= panjang biskuit 1 kemasan x ............
= ........... x .............
= ................ cm (Bentuk Biasa)
Untuk mengubah angka 250 ke bentuk baku,
maka akan ada dua unsur yang kita gunakan yaitu :
a.
Faktor pengali = nilainya harus lebih besar dari
1 dan lebih kecil dibandingkan 10. Faktor pengali untuk 250 adalah ...........
b.
Pemangkatan 10. Lihat berapa koma yang kita geser
ke kiri atau kekanan. Jika kita geser kekiri, maka pangkat 10 nya adalah
bilangan bulat positif tetapi jika kita geser ke kanan, maka pangkat 10 nya
adalah bilangan bulat negatif.
250
==> ........ (artinya kita sudah mengeser ...... koma ke arah kiri) ==>
maka pangkat 10 nya adalah bilangan .................... yaitu sebanyak berapa
koma yang kita geser.
Jadi
Bentuk baku dari 250 adalah ........ x ............
2.
Tuliskanlah bentuk baku dari bilangan – bilangan
berikut ini
a.
10,5 x 103
Jawab
.................................
b.
7.125 x 10-9
Jawab
.................................
3.
Tulislan kembali bentuk biasa dari bilangan –
bilangan baku berikut ini!
a.
7,2 x 103
Jawab
.................................
b.
3,25 x 10- 4
Jawab
.................................
4.
Tuliskanlah bilangan biasa berikut dalam bentuk
bakunya!
a.
0,00000056
Jawab
.................................
b.
120.000.000.000
Jawab
.................................
KESIMPULAN : ....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
|
Komentar
Posting Komentar