RPP Bab 1 Perpangkatan ( Perkalian pada perpangkatan) kelas IX SMP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                       : SMP Plus Ibnu Kholdun Al hasyimi
Mata Pelajaran            : Matematika
Kelas/ Semester           : IX / Ganjil
Materi Pokok              : 1. Perpangkatan dan Bentuk Akar
                                          1.2 Perkalian pada perpangkatan
Alokasi Waktu            : 3 x 40 menit (Pertemuan ke-2)


A.     Kompetensi Inti
1.    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleran, gotong royong), santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.    Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.    Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1 Menjelaskan dan melakukan operasi bilangan berpangkat bilangan rasional dan bentuk akar, serta sifat-sifatnya.

3.1.3 Mengidentifikasi sifat perkalian pada perpangkatan.
3.1.4  Menentukan hasil kali dari perpangkatan dengan basis yang sama.
3.1.5  Mengidentifikasi sifat pemangkatan pada perpangkatan.
3.1.6 Menentukan hasil pemangkatan dari perpangkatan dengan basis yang sama.
3.1.7  Mengidentifikasi sifat perpangkatan dari perkalian bilangan.
3.1.8 Menentukan hasil perpangkatan dari suatu perkalian bilangan.
4.1 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sifat-sifat operasi bilangan berpangkat bulat dan bentuk akar.
4.1.2  Menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan penerapan konsep perkalian pada perpangkatan


C.    Tujuan Pembelajaran
C.Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
1.      Mengidentifikasi sifat perkalian pada perpangkatan.
2.      Menentukan hasil kali dari perpangkatan dengan basis yang sama.
3.      Mengidentifikasi sifat pemangkatan pada perpangkatan.
4.      Menentukan hasil pemangkatan dari perpangkatan dengan basis yang sama.
5.      Mengidentifikasi sifat perpangkatan dari perkalian bilangan.
6.      Menentukan hasil perpangkatan dari suatu perkalian bilangan.
7.      Menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan penerapan konsep perkalian pada perpangkatan.

D.    Materi Pembelajaran
Operasi perkalian pada perpangkatan








E.     Metode Pembelajaran
Pendekatan      :  Saintifik (scientific).
Model              :  Discovery learning
Metode            :  inkuiri, pemberian tugas, diskusi kelompok dan pemecahan masalah
F.     Media dan Bahan
1. Media
Ø  Worksheet atau lembar kerja (siswa)
Ø  Lembar penilaian
2. Bahan
Ø  Penggaris, spidol, papan tulis,  kertas origami, gunting, Laptop

G.    Sumber Belajar
1.      Subchan, dkk.2018. Buku Guru Matematika. SMP/MTs Kelas IX edisi revisi 2018. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2.      Subchan, dkk.2018. Buku Siswa Matematika. SMP/MTs Kelas IX edisi revisi 2018. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
3.      Buku refensi yang relevan dan Audio-visual.


H.    Langkah-langkah Pembelajaran
Pendahuluan ( 10 menit )
1.    Guru mengucapkan salam, dan berdoa dipimpin ketua kelas (nilai-nilai religius);
2.    Guru mengecek kehadiran siswa. Bila ada siswa yang sakit didoakan supaya lekas sembuh, dan mengajak siswa bersama mensyukuri nikmat Tuhan berupa kesehatan dan lain-lain;
3.    Guru menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran.
4.    Siswa diberi kesempatan untuk bertanya tentang kesulitan-kesulitan yang dialami ketika mengerjakan PR pada pertemuan sebelumnya;
5.    Guru menginformasikan tujuan yang akan dicapai;
6.    Melalui tanya jawab, siswa diminta menghubungkan pengetahuan yang akan dipelajari dengan pengetahuan sebelumnya;
a. Apa yang dimaksud dengan 34 = ?
b. (–3)2  = ...
c. –32  = ...
d. ( )3 = ...
7. Guru meminta siswa membuat dugaan tentang “Bagaimana hasil perkalian dua perpangkatan dengan basis yang sama?”
8. Guru menjelaskan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
9. Siswa diorganisasikan ke dalam kelompok-kelompok kecil yang terdiri atas 5 orang siswa dengan kemampuan yang heterogen.
 Kegiatan Inti ( 100 menit )
1.    Guru meminta siswa untuk mengamati tabel yang berisi contoh operasi perkalian pada perpangkatan, bentuk penulisan operasi perkaliannya, serta bentuk penulisan perpangkatannya.

Stimulasi
Diberikan contoh tabel hasil perkalian dalam perpangkatan
      





Identifikasi Masalah
Siswa mengamati dengan teliti contoh tabel operasi perkalian pada perpangkatan, (Keg. 1.4)
Lengkapi tabel dibawah ini !








Setelah melengkapi tabel di atas, informasi apakah yang kamu dapatkan mengenai operasi perkalian pada perpangkatan?
Siswa menyelesaikan tabel perkalian pada perpangkatan dengan teliti
Mengumpulkan data
Siswa membuat atau mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan “pekalian pada perpangkatan secara kreatif (Keg. 1.5)
Mengolah data
Lengkapilah tabel d bawah ini
Siswa  melengkapi  tabel perkalian  perpangkatan dengan tekun (Keg. 1.6)
Secara umum bentuk (am)ndapat diubah menjadi (am)n = (an)m = a mxn
 















Siswa melengkapi tabel (Keg 1.7)
Secara umum bentuk (axb)m dapat diubah menjadi (axb)m = (amxbm)

Membuktikan
Dengan tekun siswa berdiskusi tentang hasil yang diperoleh dari tabel (Keg.1.7)
1.      Minta siswa menganalisis bagaimana mendapatkan jumlah koin pada posisi yang diminta  tanpa menghitung jumlah koin yang ada di posisi tersebut
2.      Uji jawaban yang diberikan siswa dengan perhitungan kegiatan yang sebenarnya
3.      Lakukan kegiatan ini secara berkelompok yang terdiri atas 4 - 5 siswa, kemudian lakukan langkah-langkah berikut ini.
Ayo kita mencoba
1.      Siapkan 1 lembar kertas karton, penggaris, pensil, serta uang koin
2.      Buatlah tabel seperti gambar di bawah ini
 







Menarik Kesimpulan
1.      Siswa menentukan sifat operasi memangkatkan suatu  perpangkatan  yaitu:
(am)n = (an)m = a mxn (keg 1.5)
2.      Siswa menentukan sifat operasi memangkatkan suatu  perkalian  yaitu:
(axb)m = (amxbm)   (keg 1.6)
3.      Siswa menentukan sifat operasi perkalian pada perpangkatan  dengan basis a yaitu:
am x an =  - (Keg. 1.7)
4.      Siswa menyimpulkan tentang cara mendapatkan hasil operasi perkalian pada perpangkatan dengan basis yang sama (keg 1.7)  tidak mudah menyerah
5.      Siswa menjelaskan kesimpulan tentang cara-cara mendapatkan hasil operasi perkalian pada       perpangkatan dengan basis yang sama (Keg. 1.7)

Kegiatan Penutup ( 10 menit )
1.      Siswa bersama-sama dengan guru merangkumisi pembelajaran tentang perkalian pada perpangkatan;
2.      Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
3.      Guru melakukan penilaian berbentuk tes tertulis;
4.      Guru melakukan tindak lanjut dengan memberikan tugas individu
5.      Melalui tanya jawab, siswa melakukan refleksi;
6.      Guru menginformasikan secara garis besar isi kegiatan pada pertemuan berikutnya yakni tentang Pembagian Pada Perpangkatan (kegiatan 1.8)
I.      Penilaian
1.      Jenis/teknik Penilaian:
a.       Sikap
-        Penilaian Jurnal
b.      Pengetahuan
-        Penugasan
-        Tes Lisan
-        Tertulis Uraian dan atau Pilihan Ganda
c.       Keterampilan
-        Penilaian Portofolio
-        Penilaian Proyek
d.      Bentuk Instrumen dan instrument
e.       Pedoman Penskoran
Jenis/Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
dan Instrumen
Pedoman Penskoran
a.       Sikap
Jurnal
Terlampir
Terlampir
b.      Pengetahuan
Penugasan
Terlampir
Terlampir

Tes Lisan
Terlampir
Terlampir

Tertulis Uraian dan atau PG
Terlampir
Terlampir
c.       Keterampilan
Portofolio
Terlampir
Terlampir

Proyek
Terlampir
Terlampir

Unjuk Kerja
Terlampir
Terlampir
2.  Pembelajaran Remedial
Berdasarkan hasil analisis ulangan harian, peserta didik yang belum  mencapai ketuntasan belajar diberi kegiatan pembeljaran remedial dalam bentuk:
a.              Bimbingan perorangan jika peserta didik yang belum tuntas ≤ 20 %,
b.              Belajar kelompok jika peserta didik yang belum tuntas antara 20 % - 50 %.
c.              Pembelajaran ulang jika peserta didik yang belum tuntas ≥ 50 %
3.  Pembelajaran Pengayaan
Berdasarkan hasil analisis penilaian, peserta didik yang sudah mencapai ketuntasan belajar diberi kegiatan pengayaan dalam bentuk penugasan untuk mempelajari soal-soal.

                                                                                           Besuki, 16 Juli 2018
Mengetahui                                                          
Kepala Sekolah                                                     Guru Mapel



GUFRON FAUZI, M.Pd,I                                 MOH. ALI WAFA, S.Pd
NIP.                                                                      NIP.               
Lampiran 1
a. Instrument penilaian sikap observasi
Instrumen:
Lembar Pengamatan  Perkembangan Sikap dan Perilaku
Mata Pelajaran           : Matematika
Kelas/Semester          : IX/1
Topik/Sub Topik       : Perkalian pada perpangkatan
Indikator                    : 
2.1.1   Kreatif menemukan cara-cara baru pada saat menyelesaikan masalah matematika
2.1.2   Tidak mudah menyerah dalam menyelesaikan masalah matematika
2.1.3   Teliti dalam menggunakan sifat-sifat bilangan berpangkat dan bentuk akar dalam menyelesaikan masalah nyata.
Rubrik Penilaian :
    4  Jika selalu dilakukan            2 Jika kadang-kadang dilakukan
    3  Jika sering dilakukan           1 Jika tidak dilakukan.

No
Nama Siswa
Sikap dan Perilaku yang Diamati
Hasil Penilaian dan Tindak Lanjut
Kreatif
Tidak mudah menyerah
Teliti


Kesim-pulan/ Modus
Sikap Masih Perlu Dikembangkan
Sikap yang Sudah Sangat Baik
1









2









3.









...









































































































































































36
    













Lampiran 2
Contoh Instrumen Pengetahuan
Petunjuk:
1.        Berdoalah sebelum mengerjakan soal
2.        Jawablah pada lembar jawaban yang telah disediakan
3.        Selesaikan soal berikut dengan singkat dan jelas

Soal individu :


3. Bentuk paling sederhana dari : 5 + 3 x 54  adalah … .



Soal Kelompok :







Pedoman Penilaian Instrumen Pengetahuan

Soal
Jawaban
Skor

a.       (-2) x (-2) x (-2) = ( -2 )3
      =
      c  =

1

1



2



3.      Bentuk paling sederhana dari : 5 + 3 x 54  adalah … .

a.      
b.     
c.      
d.     

= 5 + 3 x 625
= 5 + 1875 = 1880

1
1

2

2


2

1


Total Skor  max
13
Perhitungan nilai akhir dalam skala 0 – 4 , sebagai berikut :

              
                       Nilai   =    x 100















Komentar

Postingan populer dari blog ini

RPP Bab 1 Perpangkatan (bilangan berpangkat) kelas IX SMP

RPP Bab 1 Perpangkatan ( Pangkat nol dan Negatif ) kelas IX SMP

RPP Barisan Bilangan SMP Kelas 8 semester 1